Selasa, Maret 22, 2016

Ini Dia.. Tips Membeli Laptop Baru Berkualitas Bagus di Toko Komputer

Tips Membeli Laptop Baru Berkualitas

Tips Membeli Laptop Baru Berkualitas - Setiap orang yang akan membeli sesuatu pasti mendambakan barang yang akan mereka beli mempunyai kualitas yang bagus dan sesuai dengan kondisi kantong serta memiliki fasilitas sesuai dengan kebutuhan mereka, saya yakin pasti sobat komputer sekalian juga begitu. banyaknya produk yang beredar di pasaran membuat kita kadang bingung, barang yang bagaimana yang bisa kita dapatkan dengan uang yang kita punya, karena apabila kita salah sedikit memilih maka penyesalan yang kita dapatkan setelah kita membeli barang tersebut.
 
Bagi sobat komputer yang mempunyai niat untuk membeli laptop baru, mungkin tips berikut ini bisa dijadikan referensi untuk sobat memilih produk laptop dengan spesifikasi sesuai dengan kebutuhan dan tentunya cocok dengan kantong sobat, tetapi sebelum kita ulas lebih jauh alangkah lebih baiknya apabila sobat mengetahui jenis - jenis laptop itu sendiri.

Jenis - jenis laptop yang ada di pasaran

Laptop merupakan komputer yang atau bisa diartikan sebagai perangkat personal komputer yang mempunyai baterai dan bisa digunakan dengan berpindah - pindah tempat, biasanya komputer ini mempunyai ketebalan 3 inc dan berat kurang lebih 5 kilogram, adapun jenis - jenis laptop yang beredar dipasaran antara lain : 
1. Ultrabook
2. Notebook Touchscreen
3. High Performance
4. Standard Performance

Adapun ulasan lebih lengkapnya akan kita ulas pada artikel berikutnya. 
Dengan mengetahui jenis - jenis laptop diatas secara tidak langsung sobat sudah mempunyai bayangan untuk membeli produk laptop mana yang sesuai, berikut ini utopicomputers akan memberikan tips mengenai bagaimana Membeli Laptop Baru Berkualitas Bagus.

Baca Juga : 10 Tips Mengatasi Laptop Lemot

Tips Membeli Laptop Baru Berkualitas Bagus di Toko Komputer

Sebelum sobat membeli laptop baru disarankan untuk menyesuaikan hal - hal dibawah ini :

1. Kebutuhan.

Apabila sobat akan membeli laptop baru tentunya ada unsur kebutuhan didalamnya, disini utopicomputers membagi tingkat kebutuhan tersebut menjadi dua tingkatan, untuk apa nantinya laptop ini digunakan ?, adapun tingkat kebutuhan untuk membeli laptop baru sebagai berikut :

a. Tingkat Kebutuhan Ringan

Beberapa kebutuhan yang tergolong ringan antara lain membeli laptop baru untuk sekedar mengetik, browsing, menonton film, mendengarkan lagu. kebutuhan - kebutuhan tersebut tentunya membutuhkan spesifikasi hardware yang tidak terlalu besar, jadi spesifikasi minimum yang bisa digunakan adalah sebagai berikut:
- Spesifikasi Procesor.
Untuk procesor sobat cukup menggunakan spesifikasi sekelas intel atom, pentium D, intel pentium, AMD Athlon 64 atau Athlon X2
- Spesifikasi Ram.
Untuk ram paling tidak membutuhkan kapasitas minimal 1 - 2 GB
- Hard Disk.
 Spesifikasi hardisk, sobat bisa menggunakan hardisk dengan kapasitas 160 GB atau Lebih.

b. Tingkat Kebutuhan Berat.

Yang tergolong dalam kebutuhan berat adalah apabila sobat komputer membeli laptop baru untuk keperluan design grafis, video editing, game dan lain sebagainya, spesifikasi yang diperlukan untuk tingkatan berat ini harus berkualitas karena bisa dibayangkan apabila sobat sedang mengerjakan pekerja design grafis atau video editing memakai laptop dengan spesifikasi rendah tentunya pekerjaannyapun tidak selesai - selesai atau lama selesainya. Pilih spesifikasi laptop sobat minimal memiliki perangkat sebagai berikut :
- Processor.
Untuk kebutuhan processor minimal laptop sobat memiliki spesifikasi intel core2duo/amd dengan kelas Athlon/Phenom/FX.
- Ram
Kebutuhan spesifikasi ram minimal 2 GB dan usahakan lebih.
- VGA
Untuk kebutuhan vga sobat bisa memilih laptop yang memiliki VGA ati atau nvidia, dengan memori minimal 1 Gb.
- HDD.
Sedangkan untuk hardisk minimal berkapasitas 320 GB.

2. Ukuran.

Salah satu pertimbangan lain dalam membeli laptop baru adalah ukuranya, apabila sobat komputer termasuk kedalam orang - orang yang sangat sering mobiling atau berpergian dan harus selalu membawa perangkat laptop sobat, sebaiknya sobat membeli laptop dengan ukuran yang mudah untuk dibawah kemana - mana atau portable, akan tetapi apabila sobat tergolong orang yang jarang membawa laptop kemana - mana dan lebih banyak menggunakan laptop di kantor atau di rumah, maka sebaiknya sobat membeli laptop dengan ukuran inci yang lebih besar.

Baca Juga :

3. Brand atau Merek.

Banyaknya merek laptop dipasaran membuat kita harus jeli untuk memilih merek laptop yang akan kita beli, jadi sobat harus pintar - pintar memilih merek atau brand, disarankan untuk menggalih banyak informasi atau referensi baik itu melalui internet atau media massa yang lain mengenai brand laptop yang akan sobat beli, karena itu akan membantu sobat untuk lebih mengenal kualitas dari brand laptop yang akan dibeli dan sebaiknya sobat memilih brand laptop yang sudah terkenal dan sudah terbukti kualitas dan kehandalanya.

4. Garansi dan Service Center.

Poin ini juga tidak kalah penting adalah Garansi yang diberikan untuk laptop yang akan sobat beli, apabila sobat menemukan garansi laptop yang semakin lama itu sangatlah bagus untuk dipilih, disamping itu sobat juga harus memperhatikan service center laptop yang akan sobat beli, dan usahakan mencari laptop dengan lokasi Service Center yang tidak begitu jauh dari tempat tinggal sobat, sehingga mempermudah sobat apabila laptop yang telah dibeli terjadi masalah atau kerusakan di kemudian harinya.

5. Konvensional vs Hybrid.

Dewasa ini telah banyak sekali model laptop yang bisa dilepas layar lcdnya dan dapat digunakan seperti kita menggunakan tablet, model laptop seperti ini disebut dengan jenis hybrit, apabila sobat komputer mempunyai keinginan untuk membeli laptop dan tablet, mungkin jenis laptop seperti ini bisa menjadi pilihan sobat, tetapi apabila sobat komputer sekalian hanya membutuhkan laptop saja untuk keperluan sobat, alangkah lebih baiknya sobat memilih jenis laptop dengan model konvesional karena jenis laptop model Hybrid lebih mahal dibandingkan dengan jenis laptop konvesional.

6. Fitur Konektivitas.

Hal yang lain dan sangat perlu juga sobat pertimbangkan dalam membeli laptop ataupun notebook baru adalah perangkat - perangkat sambungan yang tersedia diantarnya

a. USB

Perangkat sambungan ini sangat diperlukan, karena kebanyakan dari perangkat - perangkat pendukung lainya misalnya flashdisk, modem, memory card dan lain sebagainya membutuhkan port usb untuk menyambungkan ke laptop kita, jadi pilihlah laptop yang memiliki port usb minimal 3 buah.

b. HDMI / VGA

Perangkat ini biasanya digunakan untuk menyambungkan laptop ke layar LCD TV untuk menayangkan layar beserta suara, perangkat ini sangat dibutuhkan apabila sobat biasa melakukan presentasi di tempat kerja sobat. atau mungkin untuk keperluan lainya.

c. LAN

Perangkat yang satu ini juga jangan sampai terlewatkan, karena dapat membuat bingung sobat komputer apabila membutuhkan saluran jaringan komputer menggunakan kabel.

d. Wifi

Selain LAN wifi juga sangat diperlukan untuk mengakses internet melawati jalur tanpa kabel, perangkat ini juga bisa difungsikan untuk media berbagi jaringan internet dengan komputer lain tanpa menggunakan kabel.

7. Cek Kondisi Laptop.

Poin yang satu ini juga sangat penting, jadi sebelum sobat membeli dan membawa pulang, coba sobat cek atau periksa kembali kondisi fisik dari laptop tersebut, untuk mengantisipasi kerusakan - kerusakan kecil atau cacat pada laptop yang akan dibeli.

8. Mencoba Laptop Terlebih Dahulu .

Sebelum sobat memilih dan membeli laptop yang anda incar alangkah lebih baiknya sobat mencoba terlebih dahulu performa dari laptop tersebut, biasanya beberapa toko menyediakan sample laptop yang bisa sobat gunakan untuk mencobanya.

9. Tersedianya Bonus

Siapa yang tidak menginginkan bonus apabila kita membeli sebuah produk ?, pastinya sobat sekalian menginginkanya bukan, bonus sendiri memang digunakan oleh para penjual untuk menarik perhatian pembeli, biasanya apabila sobat komputer berniat membeli laptop, toko komputer tersebut akan menyediakan barang seperti pelindung keyboard, pelindung lcd, pembersih lcd, mouse, cooling pad dan sebagainya bonus

10. Harga Jual Kembali

Apabila sobat membeli perangkat laptop sekarang bukan tidak mungkin di kemudian hari sobat berniat untuk menjualnya, hal ini bisa disebabkan karena kebutuhan dana, atau mungkin karena sudah tidak merasa nyaman dengan laptop yang sudah sobat beli, untuk mengantisipasi hal tersebut sobat harus memperhatikan nilai harga jual kembali, jadi pilihlah laptop dengan nilai harga jual kembali yang tinggi.

Mungkin itu yang bisa Kami bagikan kepada sobat sekalian dalam artikel Tips Membeli Laptop Baru Berkualitas Bagus di Toko Komputer, semoga bisa memberikan inspirasi sebelum sobat membeli laptop baru. terima kasih.

0 komentar:

Posting Komentar